Rencana hyperloop di Indonesia ini diawali
dengan penandatanganan perjanjian studi kelayakan pada awal bulan Maret di
Jakarta. Perjanjian bernilai 2.5 juta dolar itu melibatkan Hyperloop
Transportation Technologies (HTT), salah satu perusahaan pengembang hyperloop
yang berbasis di AS, dengan perusahaan swasta Hyperloop Transtek Indonesia
(HTI), disaksikan Kementerian Perhubungan.
Sebelum membahas lebih dalam mengenai Hyperloop kita harus terlebih tau
apa itu Hyperloop?
Hyperloop merupakan konsep sistem
transportasi berkecepatan tinggi yang diajukan oleh wiraswasta Elon Musk. Hyperloop bergerak dengan menciptakan tekanan
rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi
kecepatan Hyperloop hingga 1300 km per
jam. . Bandingkan dengan pesawat terbang yang kecepatan rata-ratanya 900
kilometer per jam.
Rencana awal pembuatan Hyperloop adalah dari Jakarta-Yogyakarta
Sebuah rute Hyperloop dari Jakarta menuju
Yogyakarta akan memakan waktu kurang lebih 25 menit, jika dibandingkan dengan
menggunakan mobil yang dapat memakan waktu hingga hampir 10 jam.
Jakarta menuju Bandung hanya akan memakan waktu
9 menit, jika dibandingkan dengan yang biasanya memakan waktu hingga 2.5 jam,
dan Hyperloop yang menghubungkan Soekarno-Hatta International Airport dengan
pusat Kota Jakarta hanya akan memakan waktu 5 menit.
Alasan transportasi Hyperloop menyasar Indonesia adalah karena Indonesia memiliki
populasi lebih dari 260 juta. Indonesia merupakan negara keempat dengan
populasi tertinggi di dunia.
Jakarta dengan populasi lebih dari 10 juta
orang, menghadapi beberapa permasalahan kemacetan terparah di dunia dengan
kebiasaan pulang-pergi selama empat jam. Dengan perkiraan sebesar 70 persen
dari polusi udara berasal dari kendaraan.
Rencananya, mereka juga akan mengeksplorasi kemungkinan sistem transportasi yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera. Apabila diimplementasikan, Sulaksono memperkirakan konstruksi sistem hyperloop pertama di Indonesia ini akan menelan biaya sedikitnya 20 juta dolar perkilometer.
Analisa menurut saya mengenai rencana pembangunan dengan menggunakan moda
transportasi Hyperloop
Menurut saya system pembangunan Hyperloop ini
akan menimbulkan pro dan kontra .
Dimana dari segi kontra Indonesia dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan
(Kemenhub) belum memiliki aturan teknis terkait kereta cepat. Ya kita
ambil contoh mengenai pelayanan kereta api di Indonesia yang pelayanannya buruk dimana tidak ada lagi
subsidi untuk kereta ekonomi sehingga menyebabkan harga naik dan PT KAI bahkan
tidak mampu menyusun jadwal keberangkatan KA yang memuaskan
Alasan kedua, misalkan kalau dibangun
hyperloop lahannya di mana? Selama ini kendala membangun infrastruktur di
Indonesia adalah di lahan. Apakah pemerintah akan mengalih fungsi lahan
pertanian ??? atau menggusur paksa masyarakat di sekitar proyek sehingga
menyebabkan luka fisik dan beban mental bagi masyarakat yang di gusur serta
akan menimbulkan banyak penganguran akibat efek dari penggusuran,lain hal nya
dengan negara Arab Saudi yang sebagian besar lahan nya adalah gurun pasir.
Alasan lainnya, adalah membangun transportasi
Hyperloop pasti membutuhkan anggaran besar,belum lagi ada dari pihak pihak
nakal yang korupsi. Kemudian konsekuensinya masyarakat harus membayar harga
tiket yang pasti mahal. Apalagi dibangun swasta yang pastinya mempertimbangkan
untung rugi Karena tidak disubsidi pemerintah. Yang seperti kita ketahui bahwa
orang Indonesia paling anti sama nama nya tiket mahal ,sehingga kemungkinan
akan sedikit yang membeli dan kemungkinan yang akan membeli adalah dari orang
kelas atas saja sedangkan masyarakat yang kurang mampu tidak bisa mendapatkan
fasilitas tersebut oleh sebab itu maka pemerintah harus bekerja sama dengan
pihak swasta untuk mencari solusi dalam permalasahan tersebut
Dari segi Pro , Hyperloop akan mempengaruhi spektrum
kehidupan, dari bisnis dan kualitas hidup yang keberlanjutan.Dengan adanya
system ini akan mengubah pola pikir masyarakat Indonesia mengarah kemajuan
Jika benar Hyperloop benar benar
direalisasikan maka Hyperloop akan membuat masyarakat Indonesia beralih dari
transportasi pribadi/privat menjadi ke transportausi umum yait Hyperloop
sehingga menyebabkan volume kemacetan di Indonesia semakin berkurang terutama
di daerah rawan rawan kemacetan seperti Jakarta dan sekitarnya . dan dengan
adanya Hyperloop otomatis lapangan pekerjaan akan terbuka sehingga mengurangi
angka pengganguran di Indonesia
Jadi initinya pembangunan Hyperloop itu
menyebakan pro dan kontra tergantung kita nya dalam menanggapinya , kalau
misalkan di implementasikan atau pun
tidak jadi , tidak akan menjadi masalah bagi saya itu semua tergantung dari
pemerintah,pemerintah yang berhak mengambil keputusannya ,yang penting bagi saya Indonesia itu
semakin maju, aman, dan sejahtera !!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar